iklan header

9 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Berpuasa, Jaga Tubuh Tetap Fit


Merdeka.com - Ketika Anda sedang berpuasa, biasanya tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga asupan makanan bernutrisi agar tubuh tetap fit selama Anda berpuasa.

Konsumsi buah-buahan selama berpuasa merupakan salah satu cara yang baik untuk jaga tubuh Anda tetap fit. Kandungan vitamin, serat dan mineral yang begitu banyak pastinya akan membuat tubuh tetap fit selama berpuasa. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi buah-buahan selama berpuasa. Buah-buahan yang kaya akan vitamin dapat Anda konsumsi saat waktu sahur ataupun berbuka.

Untuk mengetahui secara lebih rinci tentang buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa, berikut kami rangkum 9 buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Alpukat


Alpukat merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa. Apabila Anda rutin mengonsumsi alpukat saat bulan puasa, buah ini akan mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Selain itu, Alpukat juga dianggap menjadi buah-buahan yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, buah yang kaya akan zat besi, vitamin B, dan lemak ini baik untuk dijadikan sebagai sumber energi bila dikonsumsi saat sahur. Oleh sebab itu, konsumsi alpukat secara rutin saat sahur ataupun berbuka agar tubuh Anda tetap fit selama menjalankan ibadah puasa.

2. Apel


Apel, merupakan buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa. Tidak jauh berbeda dengan manfaat alpukat, apel juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, mengonsumsi apel pada saat berbuka puasa dapat menekan nafsu makan yang terlalu besar pada saat berbuka.

Oleh sebab itu, apel menjadi buah yang baik untuk mengontrol nafsu makan Anda setelah berpuasa selama seharian penuh. Buah yang kaya akan vitamin A, B, dan C ini akan dapat membuat Anda kenyang lebih lama bila dikonsumsi saat sahur.

3. Pisang


Pisang menjadi buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa berikutnya. Buah yang kaya akan vitamin A, B1, B2, dan C ini ampuh untuk menekan asam lambung. Daging buahnya yang lembut akan dapat melapisi dinding lambung sehingga akan cocok dikonsumsi penderita maag yang berpuasa. Pisang juga menjadi buah yang baik untuk membantu menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

4. Blewah


Buah blewah yang memiliki tekstur daging buah yang lembut dan rasanya yang manis memiliki fungsi untuk membantu penyerapan zat-zat dalam makanan. Oleh sebab itu, blewah menjadi buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa. Selain itu, buah yang kaya vitamin A ini juga mampu membantu menyerap zat-zat yang tidak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan, bahkan mengatasi mual akibat asam lambung.

5. Kelapa


Air kelapa memiliki kandungan isotonik yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang serta dehidrasi. Air kelapa juga dapat mengobati lambung yang perih saat asam lambung Anda meningkat.

Selain itu, bagi penderita darah tinggi dan diabetes sangat dianjurkan untuk meminum air kelapa saat berbuka karena dapat mengontrol kadar gula dalam darah serta menurunkan kadar kolesterol.

6. Pepaya


Pepaya menjadi buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa selanjutnya. Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk bantu sistem pencernaan, pepaya juga mengandung banyak vitamin C dan pro-vitamin A yang dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan. Pepaya juga dikenal dapat mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka puasa.

7. Kurma


Selain identik dengan bulan puasa, kurma juga menjadi buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa. Kandungan glukosa yang tinggi dalam kurma menjadi alasan buah ini sangat direkomendasikan sebagai menu berbuka. Kandungan yang ada di dalam kurma yaitu 55% glukosa dan 45% fruktosa akan dapat membantu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

8. Buah Pir


Buah pir mengandung glukosa yang tinggi, sehingga buah ini dapat memberi energi instan yang tinggi. Oleh sebab itu, buah pir menjadi buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa. Buah pir akan membuat tubuh Anda jadi tidak gampang lemas. Hal ini dikarenakan kandungan buah pir yang sangat cepat diserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi.
Buah yang mengandung banyak air ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak gampang sakit ketika menjalani ibadah puasa.

Sumber : www.merdeka.com

0 Response to "9 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Berpuasa, Jaga Tubuh Tetap Fit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel