iklan header

Bunda, Ini Amalan Puasa di Bulan Sya'ban dan Bacaan Niatnya


Jakarta - Di bulan Sya'ban banyak amalan yang bisa dilakukan, Bunda. Karena bulan Sya'ban adalah bulan yang mulia.

Melansir CNN Indonesia, Sya'ban adalah bulan sebelum Ramadhan, atau bulan ke-8 dalam kalender Hijriah. Pada 2020 ini, tanggal 1 Sya'ban jatuh pada tanggal 26 Maret, dan akan berakhir pada 23 April.

Dijelaskan Ustaz Adi Hidayat, Lc., MA, salah satu amalan yang bisa dilakukan di bulan Sya'ban adalah berpuasa. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari 1833, dikatakan bahwa istri Rasulullah, Aisyah tidak pernah melihat Rasullullah menyempurnakan puasa selama sebulan penuh, kecuali puasa Ramadhan, dan tidak pernah melihat Rasullullah memperbanyak puasa sunah kecuali di bulan Sya'ban.


"Ketika masuk Sya'ban, di siang hari sunah Nabi perbanyak puasa, beliau sendiri mempraktikkan ini," kata Adi, dikutip dari YouTube Islam Terkini, Senin (6/4/2020).

Lebih lanjut, Adi mengatakan bahwa memperbanyak puasa di bulan Sya'ban sebelum Ramadhan adalah untuk berlatih. Tujuannya agar tubuh nantinya terbiasa untuk melakukan puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

"Nabi mengajarkan agar coba berlatih puasa di Sya'ban, latihan perbanyak, sehingga ketika masuk bulan Ramadhan, tubuh sudah bisa beradaptasi, secara biologis sudah kuat, sehingga masuk Ramadhan sudah bukan latihan lagi, tapi normal bisa dijalani," tukasnya.


Perlu Bunda ketahui juga, puasa sunah bulan Sya'ban boleh dilakukan kapan saja, baik puasa Daud, puasa Senin dan Kamis, atau puasa tiga hari pada Ayyamul Bidh yakni 13, 14, 15 Sya'ban.

Sementara itu, ada juga hadis yang mengatakan, Rasulullah berpuasa Nisfu Sya'ban atau pada 15 Sya'ban yang bertepatan dengan 8 - 9 April mendatang.

Adapun niat untuk puasa bulan Sya'ban adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnati Sya'bana lillaahi ta'ala

Artinya:

"Aku berniat puasa sunah pada bulan Sya'ban karena Allah ta'ala."

Selamat berpuasa, Bunda dan keluarga.

Sumber

0 Response to "Bunda, Ini Amalan Puasa di Bulan Sya'ban dan Bacaan Niatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel