iklan header

Cara Tepat Mengatur Keuangan Keluarga bagi Ibu Rumah Tangga


Jakarta - Jika Bunda adalah seorang ibu rumah tangga, salah satu tugas yang umumnya perlu dilakukan juga adalah mengatur keuangan keluarga. Meski mungkin tampaknya mudah, hal ini perlu strategi tepat.

Dikutip dari Parents, seorang ibu rumah tangga harus siap secara finansial untuk menghadapi semua kemungkinan yang ada. Baik kemungkinan yang baik, maupun yang sangat buruk.

"Setiap wanita perlu punya rencana keuangan yang solid, baik saat ia bekerja kantoran maupun ibu rumah tangga. Wanita umumnya lebih baik dalam hal ini dibandingkan pria," ungkap konsultan keuangan Candace Bahr.

Salah satu langkah awalnya adalah menetapkan anggaran rutin dan diskusikan bersama suami. Idealnya dilakukan secara rutin, baik secara mingguan maupun bulanan.

Pastikan juga Bunda selalu menyimpan nota pembayaran, struk atau bukti bayar selama periode beberapa bulan terakhir. Termasuk dari bank, supermarket, polis asuransi, atau dokumen lainnya.

Penulis buku Women's Guide to Financial Self-Defense, June Mays, menyebutkan pentingnya keterbukaan dalam membicarakan masalah keuangan pada pasangan suami istri.


Misalnya saat membuat anggaran belanja bulanan, membayar cicilan atau ketika menghadapi masalah keuangan tertentu, Bun.

Apabila dirasakan keuangan keluarga selalu mengalami masalah, ada baiknya dikaji kembali apakah perlu ada pemasukan tambahan selain dari gaji pokok suami.

Dilansir The Balance, pertimbangkan juga apakah Bunda bisa melakukan pekerjaan sampingan misalnya dengan bekerja freelance atau membuka bisnis. Ini dapat membantu memberi fleksibilitas waktu dan tentunya harus disepakati oleh suami juga, ya.

Sumber

0 Response to "Cara Tepat Mengatur Keuangan Keluarga bagi Ibu Rumah Tangga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel